10 Destinasi Wisata Banyuwangi Diuji Layaknya Suasana New Normal

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Transisi menuju new normal. Pemkab Banyuwangi melakukan simulasi terhadap 10 destinasi wisata lengkap dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

10 destinasi wisata, diantaranya Kawah Ijen, Bangsring Underwater (BUNDER), Grand Watu Dodol (GWD), Agro Wisata Tamansuruh (AWT), Taman gandrung Terakota, Pantai Cacalan, Pantai Pulau Merah, Hutan De Djawatan, Pantai Mustika , dan Taman Nasional Alas Purwo.

Bupati Abullah Azwar Anas beralasan, jika simulasi penerapan new normal di sejumlah destinasi wisata ini dilakukan secara bertahap. Untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh pelaku usaha dan rencana Pemkab akan mengeluarkan sertifikat untuk destinasi yang disiplin.

“Sesuai Protokol Kesehatan bagi pengelola yang patuh. Sertifikat ini sekaligus sebagai syarat usaha bisa beroperasi,” ungkapnya.

Pemerintah daerah ingin memberi jaminan bagi semua konsumen dan wisatawan. Salah satunya dipastikan penerapan protokol kesehatan itu, yang nanti terverifikasi dan disupervisi, sehingga bisa terbit semacam sertifikat standar kepatuhan protokol.

Jika di tengah jalan ada yang tidak patuh, maka sertifikat bisa dicabut dan usaha ditutup pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MY Bramuda menjelaskan bahwa ada 10 destinasi dan 11 hotel percontohan dalam penerapan new normal di Banyuwangi.

“Simulasi kita lakukan 15 – 21 Juni,” ujar Bramuda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *