Arus Pulang Kampung dari Bali Nyambung Terus, Cek Suhu 36 derajat AMAN

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Arus pulang kampung dari Bali masih terus berdatangan dan tidak akan putus lewat jalur Penyeberangan ASDP Ferry Indonesia, Ketapang – Gilimanuk, Bali.

Pantauan dilapangan, Petugas Check Point Satgas Covid-19 Banyuwangi di Pelabuhan Ketapang terus mendatangi warga Banyuwangi yang pulang merantau dari Bali, melalui laporan data Smart Kampung, pada Minggu malam 10 Mei 2020.

Menurut petugas TAGANA Pelopor Peredam dari Kementrian Sosial Gatut Prasetiyo mengatakan pendataan terus dilakukan karena warga Banyuwangi yang merantau dari Bali dan sekitarnya terus datang untuk pulang kampung.

Mereka warga yang sudah tidak lagi memiliki pekerjaan tetap di Bali karena menerima PHK maupun kehilangan mata pencaharian karena dunia wisata di Pulau Dewata, Bali menurun drastis.

“Kebanyakan mereka buruh bangunan, pekerja di warung makan atau restouran dan usaha berjualan di Bali,” kata Gatut menjelaskan pada Kabar Rakyat.

Masyarakat yang pulang kampung dari daerah lain, seperti Jember, Bondowoso, Situbondo dan daerah kabupaten tetangga juga lebih banyak. Namun mereka tidak masuk dalam data orang pulang kampung.

Biasanya mereka hanya diberlakukan protokol kesehatan Covid-19, mulai cek kesehatan dan selanjutnya diarahkan untuk pulang kedaerah asalnya.

“Dari pendataan yang masuk online dan di catat di buku cuma yang KTP penduduk Kabupaten Banyuwangi dan tujuan memang Banyuwangi,” pungkasnya.

Kalau ada warga yang pulang kampung dari pulau Bali yang terkonfirmasi ini disediakan bus dari pemerintah daerah Banyuwangi.

“Kebanyakan hasil tes suhu badan warga yang baru pulang kampung dari pulau Bali yang menyebrang pelabuhan Gilimanuk ke Ketapang Banyuwangi rata rata 36 drajat. Jadi semua sehat negatif Covid-19,” ungkapnya.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *