Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi Tumpengan Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (ASKAB) menggelar tumpengan tasyakuran dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni. Kegiatan yang dilaksanakan dengan sederhana dan santai ini tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Hadir dalam kegiatan Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara,SE serta anggota ASKAB seluruh Banyuwangi.

Ketua ASKAB, Anton Soejarwo, SE mengatakan, kegiatan tumpengan ini dalam rangka hari lahir Pancasila 1 Juni yang dilaksanakan secara sederhana dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan covid-19.

“ Kegiatan ini mengambil tema menguatkan kerjasama membangun desa dalam ruang Bhineka Tunggal Ika , “ ucap Anton Soejarwo kepada Kabar Rakyat, Rabu (03/06/2020).

Sehingga dengan keberagaman ini menjadi kunci untuk menuju Indonesia maju. Lebih dalam Anton berharap dengan semangat Pancasila dan gotong royong akan membawa Indonesia keluardari pandemi covid-19.

Sementara Ketua DPRD dalam arahanya menyampaikan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang digali dari budaya bangsa ini. Dan ada tanggal 1 Juni 1945 Bung Karno menyampaikan gagasan tentang dasar falsafah negara Pancasila.

“ Dalam sidang BPUPK, Bung Karno menerangkan bahwa Pancasila tersebut bisa diringkas menjadi Trisila, yang terakhir Bung Karno menawarkan Pancasila dan Trisila itu bisa dirumuskan menjadi satu paham saja yakni gotong royong , “ jelasnya kepada kepala Desa.

Untuk saat ini Pancasila dengan gotong royongnya dapat di implementasikan segenap rakyat Indonesia secara bersama-sama menghadapi pandemi covid-19.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *