Banjir Genangi Puluhan Rumah di Pesanggaran Akibat Luapan Sungai

  • Whatsapp

Kabar Rakyat – Diguyur hujan selama dua jam permukiman warga di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, terndam air setinggi 50 cm, kemarin (4/4).

Tidak hanya permukiman yamg disasar luapan air sungai Gonggo dan Kali Uluh juga merendam jalan Desa di Pesanggaran.

Salah seorang warga asal Desa Sumberagung, bernama Bayu Aris, (45), mengatakan curah hujan sangat tinggi, menyebabkan rumah milik warga terendam air.

” Normalisasi sungai Gonggo dan Kali Uluh sudah dilakukan, namun irigasi tersebut tidak mampu menampung air hujan, sehingga meluap sampai ke pemukiman penduduk dan jalan raya,” kata Bayu Aris dihubungi, Minggu petang (5/4/2020).

Luapan air kedua sungai itu juga menggenangi kebun buah naga di Silirbaru, Desa Sumberagung yang telah siap panen. Kondisi banjir ini membuat petani di Pesanggaran was-was gagal panen.

Camat Pesanggaran, Sugiyo Darmawan, kepada KabarRakyat.Id saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Sumberagung, untuk melakukan normalisasi dua sungai yang kerap kali terjadi banjir ketika hujan deras.

” Kejadian banjir ini pemicunya karena pendangkalan dua sungai Gonggo dan Kali Uluh. Sebelumnya sudah di normalisasi namun nampaknya kurang dalam sehingga ketika hujan air meluap kemana-mana,” jelas Sugiyo Darmawan.

Reporter: Siswanto

Editor: Richard

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *