Bawa Keranda Mayat, Warga Barurejo Demo Tambang Pasir

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Unjuk rasa tambang galian C digelar puluhan warga usun Krajan Desa Barurejo, Kecamatan Siliraagung, Banyuwangi, Senin (24/8) pagi.

Warga aksi membawa keranda mayat ditulis ‘Aku Mati Kena Dampak Galian Pasir’ tanda protes telah di buka kembali galian C yang lama tutup. Titik kumpul massa di kisaran lokasi tambang galian C. Selanjutnya, mereka jalan kaki mendatangi kantor Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung.

Mulyono, Koordinator aksi massa tolak galian C menyampaikan poin tuntutan, yakni sudah tidak ada lagi aktivitas tambang pasir di desanya. Warga menuntut tambang galian C diduga belum berijin di Krajan untuk ditutup total.

Baca: MPM Adakan Kompetisi Vlog Pekik Merdeka Berhadiah Jutaan Rupiah

Warga setempat curiga, Pemerintah Desa Barurejo tidak tegas membela kepentingan masyarakatnya. Justru dengan dibuka kembali pemerintah desa tidak memihak warganya.

“Kami meminta agar Kepala Desa Barurejo Ahmad Zaenuri bertindak dengan tegas. Masyarakat ingin tenang dan tidak terganggu aktifitas tambang itu,” ujar Mulyono

Dikonfirmasi, Kapolsek Siliragung AKP Sumono menegaskan sesuai kesepatan bersama Forpimka melakukan penutupan galian C manual itu. ”Kami sudah menutup tambang dan sudah memasang benner di jalan masuk Tambang galian C itu,” tegasnya.

Baca: HKTI Banyuwangi Siapkan Program Penguatan Modal Petani Kopi 

AKP Sumono menjamin tidak ada lagi aktifitas tambang galian C di Desa Barurejo. Sebab aspirasi warga merupakan penyemangat dalam bekerja dan untuk kepentingan masyarakat.

“Saya jamin tak ada lagi galian C di Desa Barurejo,” katanya.

Kepala Desa Barurejo Ahmad Zaenuri menyebut aspirasi warga sudah diterima dan difasilitasi dengan baik oleh pemerintah desa.

Baca: Kawanan Illegal Logging Perhutani Lumajang Terbongkar 1 Ditangkap 3 DPO

Bahakan Galian C itu sudah ditutup satu Minggu yang lalu dan tidak ada lagi aktivitasnya. “Dengan adanya ini tuntutan warga akan kami penuhi agar tidak ada lagi gejolak,” pungkasnya.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *