Beri Efek Jera, Penjual Sayur Jadi Tersangka Laporan Palsu Korban Begal

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Beri efek jera, penjual sayuran pelaku laporan palsu korban begal ditetapkan tersangka dan ditahan Reskrim Polresta Banyuwangi.

Dia adalah Nasiah (55) pedagang sayuran asal Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah ini ditetapkan menjadi tersangka oleh polisi lantaran membuat laporan palsu ke Polsek Giri, pada Minggu (3/5/2020) kemari.

Ia mengaku mejadi korban pembegalan oleh empat orang pria bersenjata di Jalan Letkol Istiqlah sepulang dari pasar. Kepada petugas, ia mengaku kerampoan sejumlah uang tunai sekitar Rp. 13 juta. Uang tersebut adalah uang arisan sembako yang rencananya akan dibagikan.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan, polisi lantas melakukan penyelidikan dan melakukan olah TKP. Saat dilakukan penyelidikan, tersangka berbelit-belit dan menimbulkan kecurigaan petugas.

“Setelah didesak, akhirnya tersangka mengaku jika laporannya palsu. Dan kejadian pembegalan itu tidak ada,” kata Arman, Selasa (5/5/2020).

Kepads petugas, lanjut Arman, tersangka mengaku terpaksa membuat keterangan palsu agar dia tidak ditagih anggotan arisan. Sebab, dia mengaku uang arisan telah habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saat ini, dia (Nasiah) ditetapkan sebagai tersangka dan harus menjalani hukuman. Tersangka kita jerat dengan Pasal 220 KUHP, dengan ancaman pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan,” pungkas Arman.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *