Bersepakat dengan Syarat, Aktifitas Seni Terop Bisa Dilaksanakan Masa Covid-19

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Membawa puluhan truk terbuka,paguyuban seni terop dan soundsystem hajatan di Banyuwangi menggelar unjuk rasa di depan Kantor Bupati dan posko Gugus Tugas Covid-19, Rabu (05/08/2020).

Dalam orasinya, mereka meminta kepada Pemerintah untuk mengijinkan kembali beraktivitas atau bekerja dengan komitmen siap mematuhi aturan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona di Banyuwangi.

Perwakilan pekerja soundsystem, Ugik Triwancoro mengatakan, pihaknya pernah mengajukan ijin ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata maupun Kepolisian untuk kembali beraktivitas melayani kegiatan-kegiatan hajatan.

Bahkan permintaan Polresta untuk membuat vidio simulasi protokol kesehatan telah dipenuhi namun hingga kini belum ada respon. Padahal destinasi wisata, restauran sudah beraktivitas kembali.

“Permintaan vidio simulasi protokol kesehatan sudah kita serahkan, waktu itu Polresta menjanjikan sekitar dua minggu ada keputusan, tetapi hingga kini sertifikasi itu juga belum muncul,“ ucap Ugik kepada Kabar Rakyat.

Belum adanya respon tersebut, akhirnya paguyuban pelaku seni terop dan pekerja soundsystem turun jalan menyampaikan aspirasi langsung kepada pemerintah dengan harapan ada kebijakan membuka kembali kegiatan pertunjukan seni maupun hajatan masyarakat.

“Akibat virus corona ini kami lima bulan tidak bisa bekerja, hal ini dampaknya cukup berat terhadap ekonomi kami, melalui aksi damai ini kami minta pemerintah memberikan kelonggaran , “ ungkapnya.

Sementara usai menemui pengunjuk rasa, Sekretaris Gugus Tugas, H. Mujiono sekaligus sebagai Sekretaris Kabupaten Banyuwangi menyampaikan, Gugus Tugas covid-19 sepakat mengijinkan kembali aktivitas hajatan masyarakat. Namun dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat yang harus dipenuhi diantaranya ada surat rekomendasi dari Gugus Tugas kecamatan, ada ijin keramaian dari Polsek setempat, sedangkan pengendalian dan pengawasannya dari Lurah atau Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta ada batasan waktu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *