Cegah Covid-19, Pemkab Banyuwangi Tutup Pengujian Kendaraan Bermotor

  • Whatsapp

KabarRakyat – Pelayanan Pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi tutup sementara

Penutupan ini, dalam rangka pencegahan virus COVID-19. Sementara kendaraan yang masa uji berkala berakhir pada tanggal dilakukan penutupan, maka tidak diberlakukan denda keterlambatan uji.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Banyuwangi, Ali Ruchi mengatakan, penutupan sementara pelayanan uji kendaraan bermotor ini sejak mulai 1 April 2020. Pelayanan bakal dibuka, setelah kondisi wabah virus corona ini mereda.

“Per 1 April kemarin kita lakukan penutupan pelayanan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Dasar penutupan kegiatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, kata Ali Ruchi, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020; Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 440/2436/SJ Tanggal 17 Maret 2020 Tentang Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Selain itu juga ada surat Edaran dan Disposisi Bupati terkait dengan pelarangan berkumpulnya massa. Karena uji kendaraan bermotor ini kan juga banyak berkumpul massa pemohon uji kendaraan. Per hari bisa mencapai 100 unit,” tambahnya.

Sementara untuk Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU) yang masa uji berkala berakhir pada tanggal dilakukan penutupan, maka tidak diberlakukan denda keterlambatan uji.

Untuk pencegahan Covid-19, Dinas Perhubungan Banyuwangi melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di sejumlah unit pelayanan di bawah Dishub seperti 6 terminal umum kendaraan, pelayanan parkir berlangganan di Samsat.

Instruksi juga dilakukan kepada Bandara Banyuwangi, Pelabuhan ASDP dan stasiun kereta api.

“Koordinasi lintas moda selalu dilakukan untuk pencegahan Covid-19,” pungkasnya.

Reporter: Choiri

Editor: Richard

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *