COVID-19 Banyuwangi Bertambah 5 Kasus Positif, Tetap Waspada!

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Hanya selang beberapa hari saja. Lonjaka jumlah orang terinfeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Banyuwangi bertambah 5 kasus positif terkonfirmasi.

“Kini bertambah 5 kasus dan totalnyanya menjadi 46 orang. Jumlah orang sembuh juga bertambah 33 orang dan 2 orang meninggal dunia,” kata dr. Widji Lestariono juga akrab disapa dr. Rio, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 di Bumi Blambangan, Jum’at malam (17/7).

Penjelasan singkat, dr Rio mengatakan, penambahan 5 pasien COVID-19, yakni pasien nomor; 42, 43, 44, 45 dan 46.

Baca: Jumlah Pasien Sembuh Jatim Lewati Kasus Positif

“Ini peringatan pada kita semua bahwa masih terjadi penularan virus di luar sana. Maka disiplin terhadap protokol kesehatan harus tetap dipatuhi dalam beraktivitS,” imbau Rio.

Rio pun menerangkan riwayat penularan kelima pasien tersebut. Untuk pasien konfirmasi 42 dan 43 merupakan hasil tracing kontak erat dari pasien konfirmasi 29.

Pasien 42 merupakan perempuan berusia 49 tahun asal Kecamatan Kabat, statusnya adalah orang tanpa gejala (OTG).

“Sedangkan pasien 43 juga perempuan berusia 22 tahun, mengalami gejala batuk dan pilek. Keduanya kini dirawat di ruang isolasi RSUD Blambangan,” terang dr Rio.

Baca: Pemerintah Bondowoso Bentuk Satgas Penertiban Reklame Ilegal

Selanjutnya untuk pasien konfirmasi 44 dan 45 merupakan pria berusia 28 tahun (Kecamatan Purwoharjo) dan 45 tahun (Kecamatan Srono). Keduanya adalah driver angkutan logistik dengan rute Bali. Keduanya mengikuti program rapid test gratis di Puskesmas.

Update Covid19 baru

“Dua orang pasien ini merupakan sopir logistik dengan rute Bali. Setelah rapid test reaktif, Dilakukan tes swab pada 13 Juli, dan hasilnya terkonfirmasi positif pada 17 Juli. Kini dirawat di RSUD Genteng,” ujar Rio.

Baca: Pegiat Kopi dan Wisata Songgon Gagas Kemah Kopi New Normal Life

Selanjutnya konfirmasi 46 merupakan Perempuan berusia 36 asal Kecamatan Tegalsari. Dia merupakan pedagang di Bali yang melakukan rapid test dengan hasil reaktif. Selanjutnya dirujuk untuk melakukan swab dan hasilnya dinyatakan positif pada 17 Juli.

“Pasien 46 sedang dirawat di RSUD Genteng,” pungkas Rio.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *