DPRD Banyuwangi Perpanjang Masa Kerja Pansus Empat Raperda

  • Whatsapp

Dampak darurat COVID-19

KABAR RAKYAT – DPRD Banyuwangi perpanjang masa kerja Panitia Khusus (Pansus) empat Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) yang pembahasanya terhambat karena darurat COVID-19.

Antara lain: Raperda tentang pemberdayaan dan pengelolaan pasar rakyat, Raperda tentang pencegahan,pemberantasan, penyalagunaan dan peredaran narkotika dan prekusor narkotika.

Selanjutnya, Raperda tentang Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan serta raperda tentang perubahan kedua Perda pembentukan dan susunan perangak daerah.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, M.Ali Mahrus mengatakan, di masa pandemi covid-19 maupun menjelang penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal anggota dewan dituntut untuk tetap melaksanakan tugas dan fungsi pokoknya dengan tetap mengunakan protokol kesehatan.

Untuk melaksanakan hal tersebut, hasil rapat Badan Musyawarah ada tiga poin penting yang harus dilaksanakan, pertama melanjutkan pembahasan empat Raperda.

Kedua rapat kerja bersama eksekutif terkait dengan kesiapan menjelang penerapan new normal dan yang ketiga rapat evaluasi capaian Pendapatan Asli Daerah.

“ Untuk kelanjutan pembahasan empat Raperda, karena SK masa kerja Pansus sudah habis, dalam rapat Banmus disepakati untuk diajukan SK perpanjangan masa kerja Pansus , “ ucap Ali Mahrus saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Selasa (02/06/2020).

Poin selanjutnya, DPRD akan mengajak eksekutif untuk duduk bersama membahas kesiapan penerapan new normal di berbagai bidang, seperti pelayanan publik, pariwisata, keagamaan hingga pendidikan.

“Pimpinan fraksi tadi sepakat, dalam penerapan new normal nanti kita akan lebih memperhatikan keluhan-keluhan masyarakat bawah, utamanya perantau yang saat ini terbebani biaya rapid tes untuk kembali mengais rejeki ke tempat rantaunya,“ ungkap Ali Mahrus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *