DPRD Banyuwangi Sosialisasi Penguatan Regulasi Daerah

  • Whatsapp

Momentum Hari Lahir Pancasila

KABAR RAKYAT – DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar sosialisasi penguatan regulasi daerah. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 yang bertemakan “ Dengan Spirit Pancasila dan Gotong Royong Dalam Menghadapi Covid-19 “ , Rabu (10/06/2020).

Sosialisasi yang berlangsung di Kampus sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Ulum (STAIDU) Berasan,Kecamatan Muncar tersebut dihadiri, Wakil Ketua DPRD,H.M.Ali Mahrus, S.HI.

Selanjutnya, anggota dewan lintas fraksi, Patemo, Priyo Santoso,SH , Hadi Widodo,SP, Rektor STAIDU, Zainal Aris Masruchi,M.PD.MH, Sekretaris DPRD, Agus Siswanto.MM, BEM Mahasiswa, serta narasumber yakni Fajar Isnaini, MM, Miskawi.

Wakil Ketua DPRD, M.Ali Mahrus dalam sambutannya menyampaikan, Pancasila sebagai ideologi negara dan pandangan hidup bangsa harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“ Syariah Islam itu tak lepas dari lima hal inti yang sejalan dengan konsep Pancasila ,  “ ucap Ali Mahrus didapan peserta sosialisasi.

Dijelaskan oleh Ali Mahrus, yang pertama adalah menjaga agama atau Hifdzun ad-din, nilai-nilai agama harus dijunjung tinggi dalam konsep Pancasila dan ibadah sehingga sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kedua adalah Hifdzun an-nafs atau menjaga jiwa sehingga seluruh rangkaian aturan-aturan Islam itu, muaranya adalah perlindungan terhadap jiwa, Maka kemudian sila kedua dalam Pancasila Kemanusian yang adil dan beradab.

“ Menjaga jiwa erat kaitannya untuk menjamin atas hak hidup manusia, jangan engkau berbuat mudhorat pada diri sendiri apalagi kepada orang lain, sehingga sejalan dengan kemanusiaan yang adil dan beradab, menjunjung tinggi harkat dan martabat sebagai manusia , “ jelasnya.

Syariah yang ketiga adalah menjaga kerukunan atau Hifdzun nasl, ke empat Hifdzun aql (menjaga akal) dan kelima adalah menjaga harta atau Hifdzun Mall.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *