DPRD Banyuwangi Umumkan Pemenang Lomba Esai Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – DPRD Kabupaten Banyuwangi mengumumkan para pemenang atau juara penulisan esai dengan tema ‘ Spirit Pancasila Gotong Royong Hadapi Covid-19 “ yang dilaksanakan dalam rangka hari lahir Pancasila 1 Juni 1945, Senin (29/06/2020).

Dewan juri penulisan esai, diantaranya General Manager Jawa Pos Radar Banyuwangi, Rahman Bayu Saksono, Staf Ahli fraksi, Fajar Isnaini,MM, dan Dosen FKIP UNTAG, Sahru Romadloni, M.Pd, menetapkan lima orang pemenang yang berhak memperoleh uang pembinaan dengan nilai total sebesar Rp. 28,5 juta.

Baca: Warga Karangmulyo Gelar Musdes Usulan Pembangunan 2021

Sebelum mengumumkan nama pemenang, juru bicara dewan juri, Rahman Bayu Saksono melaporkan, lomba penulisan esai yang diadakan oleh lembaga legislatif ini diikuti oleh masyarakat umum yang ber KTP Banyuwangi dan dari berbagai kalangan.

“Kalau dari latar belakang, peserta lomba penulisan esai macam-macam, ada pelajar, Mahasiswa, Santri, Ibu Rumah Tangga, ASN, guru, Kepala sekolah, politisi bahkan guru ngaji juga ada, bahkan terang-terangan ada yang menyatakan pengangguran , “ ucap Bayu Saksono.

Baca: KPM Sukses Mundur Dari Kepesertaan PKH Bondowoso, Berikut Kisahnya

Menurut Bayu, pada awalnya peserta lomba di estimasi hanya diikuti sekitar 25 orang, tetapi setelah batas akhir pengiriman hasil penulisan esai. Namun respon masyarakat untuk mengikuti lomba ini cukup luar biasa, sehingga terjaring 150 peserta.

[the_ad id=”29596″]

“ Dari sekian karya tulis yang masuk, isinya juga bervariasi, ada yang berupa kajian teori, ada yang isinya pandangan penulis atau opini, ada juga yang berisi seruan, himbauan memberi semangat, dan ada juga yang isinya curahan hati , “ ungkap Bayu Saksono.

Baca: CSR Perbankan di Bondowoso untuk Perbaikan Rumah Tak Layak Huni

Setelah melalui pencermatan dan penilaian dewan juri yang mengacu pada beberapa kriteria utama, antara lain, kesesuaian tema, gagasan, ide, argumentasi, bahasa dan ejaan, pengetikan dan alur penulisan.

Serta kriteria tambahan, seperti originalitas, panjang tulisan dan tidak ada unsur SARA.


Urutan pemenangnya adalah:

  • Juara I. FAIZ DWI PRASETYO, Mahasiswa semester 2 Univesitas Brawijaya Malang, bertempat tinggal di Kecamatan Muncar Banyuwangi.
  • Juara II atas nama Joko Yuwono, seorang pengajar di LPK Blambangan dan bertempat tinggal di Kecamatan Banyuwangi.
  • Juara III diraih Anggit Febrianto, Mahasiswa yang menempu S 2 di Universitas Gajah Mada, bertempat tinggal di Kecamatan Srono.
  • Juara Harapan I, Syafaat, SH.M.HI, seorang ASN di Kemenag Kabupaten Banyuwangi, bertempat tinggal di Kecamatan Muncar Banyuwangi. Dan untuk juara harapan II diraih, FAVA NURBAITY, seorang pencari kerja yang bertempat tinggal di Kecamatan Banyuwangi.
  • Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara,SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensukseskan penyelenggaraan lomba penulisan esai dalam rangka hari Pancasila 1 Juni 1945 yang diadakan oleh DPRD Kabupaten Banyuwangi hingga selesai.

“ Yang pertama saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini hingga selesai ,  “ ucap Made Cahyana.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *