Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi Himbau Masyarakat Jalankan Perilaku PHBS

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten, terus menghimbau warga Bumi Blambangan untuk tertib dalam menjalankan instruksi pemerintah dengan menjalankan physical distancing, serta berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Jubir Gugus Tugas, dr. Widji Lestariono dalam keterangan persnya, kemarin malam, 13 Juni 2020, menegaskan himbauan itu.

Dikatakan, penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari meliputi cuci tangan pakai sabun, etika batuk yang benar, makan yang bergizi dan selalu menggunakan masker.

Jauhi kerumunan, bila tidak penting sekali, sementara jangan berpergian luar kota.

Juga disampaikan, Sabtu, ada hasil 16 swab yang dikirim dari Jawa Timur ke Kabupaten Banyuwangi. Hasilnya 7 dinyatakan positif COVID-19 dan 9 dinyatakan negatif hasil uji swab-nya.

“Secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Banyuwangi ada 20 pasien,” tegas Rio.

Baca: Wagub Emil Cek Protokol Kesehatan Pasar Tradisional Gunung Anyar dan Nambangan Surabaya

6 orang terinfeksi corona virus disease 2019 adalah, 6 orang yang menjadi peserta repid test gratis yang digelar oleh PT Pelindo III di Banyuwangi pada 2- 5 Juni 2020, lalu.

Rapid test gratis tersebut diikuti 3.000 warga Banyuwangi, termasuk ABK, nelayan, dan peserta umum yang akan berangkat ke Bali.

Update Corona Banyuwangi, 13 Juni 2020

“Pada saat hari ketiga pelaksanaan yang diikuti 2.300 orang lebih, saat itu ditemukan lima orang yang hasilnya reaktif. Hari berikutnya juga ditemukan warga yang reaktif,” jelasnya.

Lalu kepada mereka, kata dr. Wijdi, telah dilakukan uji swab. Dan hasilnya, hari ini dinyatakan 6 orang yang pernah mengikuti rapid test oleh Pelindo dinyatakan positif.

Baca: Corona Banyuwangi Bertambah 7 Kasus Positif, Total 20 Terinfeksi Covid-19

Rio lalu merinci pasien positif terbaru. Yakni empat orang ABK dari KMP yang beroperasi di Selat Bali, dan tiga orang karyawan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *