Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi Rapid Test Pengunjung dan Karyawan Mall

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi melaksanakan rapid test  serentak pada pengunjung maupun karyawan  Mall atau pusat perbelanjaan di Banyuwangi.

Dinas Kesehatan menyediakan 250 rapid tes kit untuk melakukan tes di 5 (lima) pusat perbelanjaan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr.Widji Lestariono mengatakan, ada lima lokasi untuk pelaksanaan rapid tes untuk di Banyuwangi kota yakni Roxi,Vionata dan Ramayana. Sedangkan di Banyuwangi selatan lokasinya di KDS Genteng serta Mitra Jajag.

“ Tujuan rapid tes ini untuk melihat dan memetakan kondisi penyebaran covid-19 di masyarakat secara langsung, dan selama ini masyarakat umum belum terakomodir untuk pemeriksaan rapid tes , “ ucap dr. Rio saat dikonfirmasi Awak Media, Rabu (13/05/2020).

Menurut dr. Rio selama ini rapid tes baru dilakukan kepada sasaran yang selektif diantaranya Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kontak erat pasien terkonfirmasi positif covid-19, dan tenaga kesehatan ring I penanganan pasien positif corona.

“ Hasil pemeriksaan rapid tes serentak ini akan dijadikan kajian untuk merumuskan tindakan memutus mata rantai penyebaran covid-19 , “ jelasnya.

Dari hasil rapid tes di lima pusat perbelanjaan tersebut, ditemukan lima warga atau pengunjung yang hasil ujinya menunjukan reaktif, dan sisanya sebanyak 245 orang dinyatakan non reaktif. Terhadap warga yang hasil rapid tesnya reaktif, Dinas Kesehatan melakukan penanganan sesuai dengan protokol kesehatan.

“ Warga yang hasil ujinya reaktif telah kami data, dan mereka kita instruksikan untuk melakukan isolasi mandiri dan selanjutnya akan dilakukan tes swab untu memastikan lima orang tersebut terpapar virus covid-19 atau tidak, “ ucap dr Rio.

Dr.Rio menambahkan, jika seluruh pesanan 5.000 rapid tes kid sudah terealisasi, Gugus Tugas covid-19 Banyuwangi akan memperluas sasaran rapid tes, salah satunya di pasar-pasar tradisional.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *