Gugus Tugas Covid-19 Intensifkan Pendatang Masuk Banyuwangi

  • Whatsapp

Kabar Rakyat – Untuk menekan penyebaran wabah virus corona (Covid-19), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi terus mengintensifkan pos pemantauan kesehatan bagi para pendatang di area perbatasan.

Di antaranya di perbatasan wilayah utara (Kecamatan Wongsorejo) dan wilayah selatan (Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi).

Bupati Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, dan Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto memantau langsung pos pantau di Wongsorejo dan Kalibaru untuk memastikan kesiapan peralatan dan tenaganya.

Selain di Wongsorejo dan Kalibaru, pos pantau kesehatan di Banyuwangi juga didirikan di Kecamatan Licin, yang berada di bawah kaki Gunung Ijen, yang merupakan pos pantau untuk pendatang dari Bondowoso. Di sana juga dilakukan pendataan bagi pendatang.

Di masing-masing pos tersebut dilengkapi dengan tenaga medis yang melakukan pemeriksaan. Mereka memeriksa suhu tubuh menggunakan alat pemindai suhu tubuh dengan sinar inframerah (thermal gun). Masing-masing petugas juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Anas menjelaskan, pos pantau ini dijaga oleh petugas gabungan, mulai tenaga medis, kepolisian, TNI, BPBD, Satpol PP, petugas Dishub, hingga relawan dari Banser.

Saat ini, secara bertahap, sejumlah peralatan guna menjalankan screening terus dipenuhi. Penyemprotan disinfektan secara otomatis kini telah tersedia di Kalibaru. Sedangkan di Wongsorejo sedang dalam proses pengerjaaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *