Gunakan Protap COVID-19, Pembahasan Raperda Tentang Narkoba Dibahas DPRD

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Gunakan protokol kesehatan, Panitia khusus (Pansus) III DPRD Banyuwangi kembali melanjutkan pembahasan Raperda tentang fasilitasi pencegahan, pemberantasan, penyalagunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GNPN).

“ Pembahasan Raperda P4GNPN ini sempat terhenti karena adanya tanggap darurat penyebaran Covid-19. Mengunakan protokol kesehatan, hari ini rapat pembahasan kita lanjutkan bersama stakeholder terkait,“ ucap Umi Kulsum pada Kabar Rakyat, Senin (4/5/2020).

Menurutnya, sebelum adanya pandemi corona, pihaknya telah melakukan pembahasan secara internal Raperda P4GNPN, dan dilanjutkan dengan konsultasi ke BNNP Propinsi Jawa Timur di Surabaya.

“ Raperda P4GNPN ini sangat bermanfaat sekali untuk membebaskan, membersihkan dan melindungi masyarakat dan lingkungan dari penyalagunaan dan peredaran narkotika,“ jelas Umi Kulsum.

Dalam pembahasan ada masukan dari Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi yang mengusulkan klausul dalam BAB tentang rehabilitasi yang berbunyi;

“ Apabila pecandu narkoba yang masuk dalam kategori usia produktif atau di bawah umur yang masuk dalam unsur pidana. Aparat hukum diharapkan menerapkan tuntutan pidana seringan-ringannya dan disarankan untuk dilakukan rehabilitasi dengan tujuan yang bersangkutan dapat memperbaiki diri untuk masa depannya“.

“ Selain tentang rehabilitasi bagi pecandu narkoba di bawah umur, Raperda P4GNPN juga mencantumkan aturan tes narkoba bagi calon pengantin baru,“ ucapnya.

Tes narkoba bagi calon pasangan yang akan melangsungkan pernikahan bertujuan selain untuk mengetahui kondisi kesehatan pasangannya, juga untuk melindungi generasi penerus bangsa dari kontaminasi narkoba.

Dan hasil tes narkoba akan menjadi salah satu syarat  pengurusan akta nikah.

“ Jika dalam tes salah satu pasangan terbuktif positif narkoba, hal ini tidak menghalangi calon pengantin untuk melangsungkan pernikahan, ada proses musyawarah antara kedua belah pihak yang akan menikah dilanjut atau tidak , ” jelasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *