Harlah Pancasila Momentum Gelorakan Gotong Royong Hadapi COVID-19

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Hari Lahirnya Pancasila ke-75 pada 1 Juni 2020, dapat menjadi momentum menggelorakan semangat kebersamaan dan gotong royong untuk melawan pandemi COVID-19.

Dan konsep gotong royong tersebut merupakan intisari dari nilai Pancasila.

Hal ini dikatakan, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC PDI Perjuangan, Banyuwangi, Marcelinus Florianus G G.ST usai talk show Harlah Pancasila, bertema, Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju, disalah satu radio swasta, Senin, 1 Juni 2020.

Marcel menyampaikan, dalam pidatonya di sidang BPUPKI, Ir.Soekarno menerangkan bahwa Pancasila dapat diringkas menjadi trisila dan dapat diringkas lagi menjadi ekasila, yang mana ketiganya secara substansi sama.

“Ekasila merupakan salah satu rumusan Pancasila, Ekasila tersebut adalah gotong royong yang  merupakan tradisi kebudayaan Indonesia,“ ucap Marcel kepada Kabar Rakyat.

Nilai-nilai Pancasila dan kegotong royongan sudah sangat jelas tergambar sebagai dasar dan ideologi dinamis. Pancasila dapat di implementasikan seluruh masyarakat Indonesia untuk secara bersama-sama menghadapi pandemi covid-19.

“Dibutuhkan kebersamaan dan gotong royong dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19,“ ungkapnya.

Baca: Gubernur Khofifah: Hari Lahir Pancasila Momentum Perkuat Solidaritas Gotong Royong

Pada momen seperti inilah gotong royong wajib dibangkitkan kembali dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran.

Tidak perlu lagi mengedepankan ego pribadi maupun kelompok, sebab bencana pandemi covid-19 tidak dapat diselesaikan dengan satu arah.

Seluruh pihak mulai dari rakyat sampai pemerintah harus bersatu padu.

“Untuk menyelesaikan segala persoalan bangsa,kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, seluruh lintas elemen wajib turut serta menyelesaikan persoalan masyarakat, sosial,kemiskinan, bangsa dan negara,“ tegasnya.

Diakhir wawancaranya Marcel menambahkan, DPC PDI Perjuangan dalam memperingati Hari lahirnya Pancasila tahun ini melaksanakan berbagai kegiatan.

Diantaranya, syukuran Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno, Hataman Alqur’an, santunan anak yatim piatu, talk show di radio hingga lomba pidato yang dikemas secara virtual.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *