Inovasi Polresta Banyuwangi Membantu Penanganan COVID-19 Diapresiasi Pemkab

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Kepolisian RI, melalui Polresta Banyuwangi terus tidak hentinya mendukung program pencegahan dan pemberantasan COVID-19 yang dilaksanakan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kali ini, Polresta Banyuwangi meluncurkan empat program penanganan dampak COVID-19 diberi nama Program Banyuwangi Tangguh. Program Polresta ini terdiri dari Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan, Mobil Himbauan Covid-19, Thermal Scanner Gate, dan E-Kampung Tangguh Semeru.

“Kami mengapresiasi program baru yang diluncurkan Polresta Banyuwangi hari ini. Inovasi seperti ini memang sangat kita butuhkan di tengah pandemi saat ini. Terima kasih Pak Kapolresta dan jajaran yang telah bersinergi bersama pemkab dan stake holder lain dalam menghadapi masa sulit ini,” kata Sekda Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, di Mapolresta Banyuwangi, Senin (10/8/2020).

Baca: 1830 Orang Glenmore Terima Dana JPS Pemprov Jawa Timur

Dikatakan Mujiono, empat program yang baru diluncurkan tersebut bakal mendukung upaya pemkab dalam mencegah dan menanggulangi dampak pandemi yang begitu besar. Contohnya, di sektor pendidikan dan pemulihan ekonomi warga.

“Adanya motor bhabinkamtibmas yang menyediakan wifi gratis hingga pelosok desa akan membantu pemkab di sektor pendidikan. Mengingat selama pandemi, para siswa harus melakukan pembelajaran online sebagai bentuk penerapan physical distancing,” kata Mujiono.

Meski seluruh desa (189 desa) telah teraliri fiber optic dan bertransformasi menjadi Smart Kampung, Mujiono tidak menampik bahwa kemungkinan masih ada daerah yang masih kesulitan mengakses internet. Hal ini lantara kondisi geografis Banyuwangi yang begitu luas.

Baca: Bondowoso Terapkan Sanksi Sosial Pelanggaran Protokol Kesehatan COVID-19 

Peluncuran keempat inovasi tersebut dilakukan oleh Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin. Didampingi Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banyuwangi, Mohammad Rawi.

Kombes Arman menjelaskan, Motor Babinkamtibmas Peduli Pendidikan memberikan layanan wifi gratis kepada pelajar di pelosok desa yang masih kesulitan mengakses internet.

Polresta Banyuwangi menyediakan 100 motor khusus yang dilengkapi dengan laptop dan pemancar wifi. Masing-masing kecamatan mendapat jatah 4-5 kendaraan.

Baca: Back Up Belajar Daring Anak Sekolah, Polresta Banyuwangi Lounching Motor Babinkantibmas Wi Fi

“Pada pelaksanaannya, Babinkamtibmas akan keliling menggunakan motor layani pelajar yang membutuhkan jaringan wifi guna mendukung kegiatan belajar daring mereka. Nanti bisa janjian tempatnya di mana, waktunya kapan, bisa kumpul di situ bareng-bareng. Misalnya, hari ini di rumah si A pukul 10.00-12.00 dan seterusnya,” ujar Arman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *