Kapolresta Banyuwangi Inisiasi Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM untuk Bangkit

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Meski belum terbentuk Satgas pemulihan ekonomi Polresta Banyuwangi Jawa Timur, berinisiasi mendorong sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) kembali bangkit. Upaya itu dilakukan setelah 5 bulan sektor usaha kolap akibat terdampak Pandemi COVID-19.

Kelompok usaha mikro kecil menengah di Banyuwangi mendesak pemerintah daerah agar secepatnya memberikan kepastian normalisasi usaha. Hal ini diakui sejumlah UMKM di Banyuwangi sejak pandemi COVID-19 mereka takut terang-terangan membuka usaha.

Kombes. Pol. Arman Asmara mencoba jamu tradisional UMKM Tangguh Songgon

Melihat kondisi keresahan pelaku usaha Kapolresta Banyuwangi Kombes. Pol. Arman Asmara Syariffudin, S.H, S.I.K, M.H berinisiasi menggerakan kembali pelaku UMKM sektor pariwisata di Kecamatan Songgon. Puluhan kelompok UMKM mengeluh dengan kondisi pandemi COVID-19 usaha mereka tekuni gulung tikar.

Baca:

” Sudah 5 bulan UMKM dan pelaku jasa wisata di Banyuwangi kolap. Kami ingin kepastian normalisasi dan kemudahan perizinan untuk melakukan aktifitas ekonomi. Prinsipnya rekan-rekan pelaku usaha ini sudah menerapkan standart protokol kesehatan,” ungkap Yusup pengelola wisata Pinus Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin mendorong UMKM di Wisata Pinus Songgon bangkit.

Menanggapi keluhan UMKM di Kapolresta Banyuwangi merespon cepat membentuk kawasan UMKM Tangguh.

“Hari ini kami telah mendengar semua keluhan dari pelaku UMKM intinya mereka berharap Satgas COVID-19 melakukan percepatan pemulihan ekonomi,” jelasnya.

“Satgas COVID-19 tidak hanya unsur Polri/TNI tetapi Pemkab yang memiliki otoritas terkait upaya pemulihan ekonomi. UMKM Tangguh ini dibentuk harapanya ekonomi di Banyuwangi segera bangkit,” kata Kombes.Pol.Arman.Asmara dihadapan pelaku UMKM di Kecamatan Songgon, (27/7/2020).

Kapolresta Banyuwangi memberikan bantuan sembako pada 20 warga kurang mampu di sekitar Wisata Pinus Songgon.

Kegiatan UMKM Tangguh menurut Arman bagian dari upaya Polri sama-sama mendorong langkah pemulihan ekonomi.

” Satgas Covid -19 tidak hanya melulu mengurus percepatan penanganan virus corona sebagaimana keinginan presiden, juga mendorong pemulihan ekonomi. Untuk satgas pemulihan perekonomian ini akan melibatkan juga pihak lain atau pihak luar seperti pihak swasta dan profesional,” ungkap Kapolresta Banyuwangi.

Baca:

Kemeriahan di UMKM Tangguh di Wisata Pinus Songgon.

“Artinya tidak hanya melibatkan struktur pemda dan vertikal. Koordinasinya tidak boleh sendiri-sendiri semua dibahas bersama bagaimana strateginya,tata kelolanya, targetnya, kami akan awasi itu ” tandas Kombes. Pol. Arman Asmara juga Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Banyuwangi.

Foto bersama warga sekitar Wisata Pinus Songgon.

Dalam kegiatan UMKM Tangguh tidak hanya memamerkan hasil produk olahan khas Songgon seperti Kopi, keripik, buah olahan dan minuman.

Tetapi pelaku jasa sektor wisata diantaranya komunitas jeep Banyuwangi, Paguyupan Sound sistem Banyuwangi mendesak Bupati Banyuwangi agar percepatan pemulihan ekonomi segera ditindaklanjuti.

Ditengah-tengah kegiatan UMKM Tangguh Kapolresta Banyuwangi juga menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak pandemi Covid -19 di sekitar kawasan wisata Pinus Songgon.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *