Kasus Curi Singkong di Kebun Kalibendo, Ketua DPRD Banyuwangi Minta Kedepankan Sisi Kemanusiaan

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, I Made Cahyana Negara, SE berharap kepada Perusahaan Perkebunan Kalibendo untuk lebih mengedepankan sisi kemanusiaan terhadap kasus pencurian singkong yang menimpa perusahaanya.

“Saya sebagai ketua DPRD Banyuwangi berharap kepada perusahaan untuk lebih mengedepankan sisi kemanusiaan terhadap kasus pencurian singkong,“ ucap Made Cahyana usai menemui Ormas dan masyarakat yang mengadu ke dewan, Senin (03/08/2020).

Menurut Made Cahyana, dampak kerugian yang ditimbulkan dari kasus pencurian singkong tersebut nilainya sangat kecil, sehingga alangka bijaknya kasus pencurian singkong itu diselesaikan diluar pengadilan dengan cara kekeluargaan.

“Kerugiaan yang ditimbulkan dari kasus pencurian itu nilainya kecil, saya minta perusahaan jangan menunjukan arogansinya dengan mendorong kasus tersebut ke ranah hukum, ini harus dihindari,“ pinta Made Cahyana.

Seharusnya perusahaan perkebunan mempunyai tanggungjawab memberdayakan masyarakat sekitar agar taraf ekonomi mereka bisa meningkat dan kasus-kasus pencurian tidak terulang kembali.

“Harusnya perusahaan perkebunan bisa merangkul dan memberdayakan masyarakat sekitar agar ekonomi mereka terangkat dan kasus pencurian tidak terulang kembali,“ ucap Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Banyuwangi ini.

Sekedar diketahui, dua pemuda berinisial SF dan YG warga Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi ditangkap dan ditahan di Mapolsek Glagah atas laporan pihak Perusahaan Perkebunan dalam dugaan kasus pencurian singkong di area lahannya seberat kurang lebih 450 Kilogram dengan nilai kerugian ditaksir sebesar Rp. 1,3 juta.

Namun Mapolsek Glagah hanya menahan satu orang atas nama YG, sedangkan rekannya SF diijikan pulang karena masih dibawah umur namun tetap dikenakan wajib lapor.

Upaya penyelesaian masalah dengan cara kekeluargaan telah diajukan oleh pihak keluarga, tetapi belum bisa terealisasi.

Dan Perusahaan tersebut bersikukuh untuk tetap memproses secara hukum dugaan kasus pencurian singkong dengan alasan keluarga atau orang tua YG tak kunjung menunjukkan iktikad berdamai.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *