KPU Bersama Kejaksaan MoU Pendampingan Hukum Pilkada Banyuwangi

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi dan Kejaksaan negeri setempat sepakat menandatangani kesepahaman (MoU) terkait pendampingan hukum seluruh pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya masalah hukum sehingga seluruh tahapan Pilkada dapat terlaksana dengan  lancar dan aman.

Penandatanganan kesepahaman atau Memorandum of Understanding dilakukan oleh Ketua KPU, Dwi Anggraini dan Kajari Banyuwangi, M. Rawi, disaksikan oleh seluruh Komisoner KPU.

“ Hari ini kita melakukan MoU dengan Kejaksaan Negeri Banyuwangi terkait dengan pendampingan hukum seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2020 mulai dari pengunaan anggaran, pengadaan barang dan jasa hingga jika terjadi sengketa hasil Pilkada , “ ucap Dwi Anggraini saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Selasa (04/08/2020).

Menurut Dwi Anggraini , kesepahaman dengan Kejaksaan Negeri merupakan bentuk komitmen KPU untuk mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang berakibat adanya persoalan hukum.

Penandatangan MoU Pendampingan Hukum Pilkada Banyuwangi 2020 antara KPU dan Kejaksaan Negeri Banyuwangi. Foto. Ist/Hariyadi

Mengingat anggaran pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020 cukup besar yakni Rp. 137 miliar.

“ Pengunaan anggaran pelaksanaan tahapan pilkada yang cukup besar ini perlu pendampingan dan arahan dari Kejaksaan Negeri agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat persoalan hukum , “ ucapnya.

Dwi Anggraini mengungkapkan, anggaran pelaksanaan Pilkada banyuwangi tahun 2020 berasal dari dana hibah dari APBD Banyuwangi sebesar Rp. 73,6 miliar dan aggaran APBN sebesar Rp. 54 miliar yang harus dipertanggungjawabkan dan pelaksanaan Pilkada 2020 harus berjalan Lancar, Sukses dan Aman.

“ Selain pendampingan pengunaan anggaran, pendampingan hukum juga akan dilakukan bilamana salah satu pasangan calon merasa tidak uas dengan hasil pemungutan suara , “pungkasnya.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *