Ledakan dari Danau Kawah Ijen Tenggelamkan 1 Penambang Belerang

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Suara ledakan yang berasal dari dasar danau Kawah Ijen, menggemparkan warga perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, Jum’at, 29 Mei 2020, dini hari, pukul 01.00 WIB.

Informasi diterima, korban jiwa satu orang masih belum ditemukan karena diduga tenggelam di kawah.

Kepala BPBD Kabupaten Banyuwangi, Fajar Suwasana melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Eka Muharram mengatakan memang benar kawah gunung Ijen telah terjadi suara dentuman pada hari, Jumat, 29 Mei 2020, Pukul 12.30 WIB. Akibat kejadian ini, ada satu orang penambang diduga hilang dan masih belum diketemukan.

“Ada beberapa penambang belerang pada malam itu sedang aktifitas biasa mencari belerang. Satu orang hilang diketahui bernama Andi dengan identitas asal warga Kecamatan Muncar Banyuwangi,” jelas Eka Muharram.

Baca: Gubernur Khofifah Dampingi Pangkogabwilhan II Tinjau RS Lapangan Covid-19

Data dihimpun, Kronologis kajadian, hari Jumat 29 Mei 2020 pada pukul 01.00 Wib, para penambang termasuk Andik dan Halimik melaksanakan rutinitas penambangan di wilayah danau bibir kawah gunung Ijen.

Sedangkan pada pukul 12.30 Wib Andik dan Halimik beserta penambang yang lainya mendengar suara dentuman/ledakan dari dasar danau kawah Gunung Ijen.

HFoto ijen ok2 (1)
Gunung Ijen Fotographi Holan Siahaan For. KabarRakyatID

Mendengar suara dentuman Andik dan Halimik serta penambang yang lainya menyelamatkan diri naik ke puncak kawah. Bersamaan itu, dampak suara dentuman/ledakan menimbulkan gelombang air danau tinggi, dan debit air meningkat mencapai 2,5 sampai dengan 3 m dari bibir kawah.

Baca: Kabar Baik, Gugus Tugas Banyuwangi: Pasien 07 asal Siliragung Negatif Covid-19

Pada saat andik dan Halimik serta penambang yang lain menyelamatkan diri dengan berlari namun karena debit air semakin naik. Di ikuti dengan gelombang air, korban Andik terpeleset karena menginjak media tanah yang rapuh sehingga menyebabkan terjatuh ke danau Gunung Ijen.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *