Mulai Juli Masyarakat Banyuwangi Bisa Cetak Adminduk Sendiri

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Mulai bulan ini, Juli 2020 masyarakat kabupaten Banyuwangi sudah bisa mencetak sendiri administrasi kependudukan (adminduk) seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan lainnya kecuali Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuwangi, Djuang Pribadi menyampaikan, mulai tanggal 1 Juli 2020 kemarin, pencetakan dokumen adminduk tidak lagi mengunakan blangko security printing, namun cukup menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A 4 berwarna putih.

“Pencetakan semua dokumen adminduk menggunakan kerta HVS 80 gram ukuran A 4 kecuali e-KTP dan KIA masih tetap mengunakan bahan yang sama, hal in dilakukan sebagai upaya memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,“ ucap Djuang Pribadi saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Kamis (02/07/2020).

Menurut Djuang, dengan adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No. 109 tahun 2019. Masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen adminduk yang diperlukan di kecamatan.

Kantor Pemerintahan Desa bahkan di rumah, asalkan sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang berbasis web.

“ Dalam proses pendaftaran persyaratannya harus sudah lengkap dan pemohon juga menyertakan nomor Handphone yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh petugas, bila berkas lengkap, pemohon akan mendapatkan dokumen dalam bentuk file pdf yang bisa dicetak,“ jelasnya.

Kemudian jika pemohon tidak memiliki ponsel maupun alamat email, bisa melalui kantor pemerintahan desa. Kantordesa akan menyediakan email yang bisa digunakan oleh pemohon adminduk.

Dan terkait dengan potensi pemalsuan data, pada dokumen yang akan diterbitkan, sudah dilengkapi barcode dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Apabila sewaktu-waktu dokumen yang telah dicetak rusak, bisa mencetak kembali dengan file yang sudah dimiliki.

“ Percetakan ulang bisa dilakukan dengan syarat tidak ada perubahan data kependudukan, jika pemohon adminduk ingin merubah data bisa melakukan pelaporan kembali ke Dispendukcapil Banyuwangi,“ pungkasnya.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *