OPD Banyuwangi Kompak Bergerak, Dinas Perikanan Turut Cegah Penyebaran COVID-19

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Banyuwangi kompak bergerak untuk membantu menanggulangi dan mencegah penyebaran virus corona disease 2019 (COVID-19).

Sesuai arahan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Tim Pengarah Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 juga Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara.

Salah satunya, Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi bersama mitranya KUD Mino Blambangan di Muncar dan Gapoklahsar (Gabungan Kelompok dan/atau pemasar hasil ikan) di Banyuwangi menerima bantuan ratusan masker dari Kantor Balai Latihan Kerja (BLK), di Kedungrejo, Muncar.

Masker tersebut, menurut Hari Cahyo Purnomo Kepala Dinas Perikanan melalui Suryono Bintang Samudra, Kepala Bidang Perikanan mengatakan bantuan dari BLK berupa masker itu untuk disalurkan kepada nelayan dan pedagang pasar ikan di Muncar yang terdampak Covid-19.

Perikanan (3)
Dinas Perikanan Banyuwangi Koordinasi dengan BP3 Bangsring, Banyuwangi untuk lokasi ruang isolasi Covid-19.

“Harapannya, masyarakat nelayan dan pedagang pasar ikan mau disiplin menggunakan masker dalam beraktifitas sehari-hari dan menjaga jarak satu dengan lain agar terhindar sekaligus memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Banuyuwangi,” kata Suryono pada Kabar Rakyat, baru ini, 5 Mei 2020.

Upaya Dinas Perikanan membantu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Banyuwangi juga melakukan penyiapan ruang isolasi dalam penanganan COVID-19.

Salah satunya, upaya berkoordinasi dengan pihak Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3), Bangsring, Banyuwangi.

Perikanan (2)
Pembagian masker pada kelompok KUD Mina Blambangan dan Gapoklahsar.

Hasilnya koordinasi, jelas Kepala Bidang Perikanan dari Dinas Perikanan akan disiapkan 12 kamar untuk laki-laki, 12 kamar untuk wanita dan 5 kamar untuk suami istri dengan kapasitas masing-masing kamar 2 orang.

Kepala Dinas Perikanan Hari Cahyo Purnomo bersama ASN dilingkunagn Dinas Perikanan secara sukarela mengumpulkan paket sembako untuk diserahkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanggulanan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi.

Pada tanggal 4 Mei 2020, telah diserahkan paket sembako sumbangan dari ASN Dinas Perikanan ke posko COVID19 Banyuwangi sebanyak 64 paket sembako, perpaket berisi 10 kg beras, 10 bungkus mie instan, 5 pcs kaleng dalam kemasan dan 3 lembar kain masker.

Perikanan (1)
Bantuan paket sembako ASN Lingkungan Dinas Perikanan Banyuwangi untuk diserahkan ke Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi,

Sesuai arahan Bupati Banyuwangi, OPD (organisasi perangkat daerah) harus kuat bersama-sama membantu penanganganan COVID-19 agar segera berakhir.

“Harapannya, bantuan yang belum maksimal ini bisa mengurangi beban masyarakat. Khususnya warga nelayan dan pengeloh hasil ikan yang ada,” pungkasnya.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *