Pasca Longsor, Badan Bencana Daerah Amankan Jalur Wisata Kawah Ijen

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi turun tanggan di lokasi banjir bandang yang mengakibatkan longsor di jalur Wisata Kawah Ijen atau Gunung Ijen, Selasa, (7/7/2020), sore.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD, Eka Muharram lokasi tanah longsor di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, tepatnya setelah tanjakan erek-erek 100 meter.

Penyebabnya tanah longsongr, karena curah hujan tinggi/lebat dengan durasi yang lama mulai hari Senin, 6 Juli 2020 pukul 17.00 WIB sampai Selasa 7 Juli pukul 13.00 WIB.

Luasnya lahan terbuka serta pohon tumbang di Cagar alam Merapi ungup ungup akibat kebakaran hutan dan lahan bulan Nopember 2019.

“Akibatbya Material Pohon tumbang dari kawasan Cagar Alam Merapi Ungup Ungup hanyut mengalir melalui Sungai Banyulinu, terjadi penyumbatan aliran sungai, serta terjadi longsor di tebing tepi badan jalan erek erek sepanjang 20 meter yang menggerus badan jalan, membahayakan pengguna jalan,” kata Eka Muharram.

[the_ad id=”29596″]

Tambah lagi, Eka Muharam menjelaskan Dampak Gangguan mobilitas orang dari dan ke objek wisata Kawah Ijen, tidak ada korban jiwa, tidak ada kerusakan property.

Semua ini Kebutuhan Penanganan melakukan evakuasi material pohon tumbang dan tanah di jalan raya dengan alat berat.

Penanganan awal melakukan assessment tinjau lokasi, koordinasi dengan Dinas PU CKPP untuk evakuasi material dengan alat berat. Pemotongan pohon di jalan oleh TRC BPBD.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *