Pendatang Masuk Desa Sarongan dan Kandangan Diperket Relawan Covid-19

  • Whatsapp

Dua Desa Kandangan dan Sarongan dirikan Posko Relawan Covid-19 bersama-sama. Kedua desa tersebut akan melarang orang tertentu yang dianggap mengganggu kenyamanan warga Kandangan dan Sarongan.

Kabar Rakyat – Dua pemerintah desa, Kandangan dan Sarongan menunjukan kekompakan mendirikan Posko Relawan Cegah Covid-19.

Fungsi tugas, Posko tersebut menyeterilkan seluruh kendaraan maupun orang yang hendak masuk ke desa paling ujung Selatan Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Desa Kandangan Riyono mengatakan petugas yang berjaga di posko tersebut merupakan gabungan dari pemuda Desa Kandangan dan Sarongan dibantu TNI dan Kepolisian.

Para pemuda itu, kata Riyono, akan bertugas selama 24 jam, bergantian dari pemerintah dua desa dan Karang taruna. Juga dibantu oleh tokoh masyarakat.

Sesua protokol kesehatan anjuran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kenadaraan apapun yang melintas dilakukan penyemprotkan desinfektan. Sedangkan pengendara dilakukan penyemprotan hand sanitizer.

Kemudian, dilakukan pengecekan suhu badan dengan thermo gun kepada seluruh orang yang hendak masuk desa.

“Itu wajib dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, pihak Satgas Covid-19 dua desa juga melarang keras pemulung, pengamen, penarik sumbangan, pemancing, sales promosi, wisatawan dan dept. collector yang masuk ke desa.

Dengan upaya tersebut diharapkan penyebaran virus dapat ditekan.

“Kami juga ikut mendukung upaya pemerintah pusat untuk memutus penyebaran virus korona,” ungkapnya.

Posko Relawan Covid-19 dua desa Kandangand dan Sarongan didirikan pada, 13 April 2020 lalu.

Hingga saat ini belum ditemukan adanya orang yang suhu badannya di atas 38 derajad celcius.

“Rata-rata orang yang masuk ke desa suhu badannya sekitar 35 hingga 36 derajad celsius,” katanya.

Desa Kandangan dan Sarongan (1)
Petugas Polsek Pesanggaran ikut mengamankan deteksi dini Covid-19 bersama warga Desa Kandangan dan Sarongan di Pos Terpadu.

Jika menemukan orang yang suhu badannya diatas angka 38 derajad celcius, sesuai protokol kesehatan akan diperintahkan untuk balik arah dan memeriksakan diri ke Puskesmas Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran.

” Mohon maaf, untuk saat ini bagi warga pendatang kami perketat pengawasannya,” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *