Penumpang Kereta Api Wajib Lalui Protokol Kesehatan Satgas Covid 19

  • Whatsapp

Kepulangam Santri Sidogiri Dipantau Ketat oleh Kepala Stasiun Kalibaru, Kamis (2/3/2020).

KabarRakyat.ID– PT.KAI Daop 9 Jember memberlakukan protokol kesehatan secara ketat terhadap semua penumpang kereta api. Penerapan itu sebagai protap pencegahan penyebaran virus Covid -19.

Seluruh penumpang kereta api kini diwajibkan melalui pos pengamatan pencegahan Covid -19. Seperti yang terjadi di Stasiun Kalibaru, Banyuwamgi, rombongan 29 santri asal Ponpes Sidogiri, Pasuruan begitu memasuki pintu keluar stasiun langsung melalui protokol.kesehatan Satga Covid -19.

Rombongan santri satu persatu disambut petugas kesehatan untuk.dilakukan thermal.scanner dan penyemprotan disinfektan sebelum keluar stasiun Kalibaru, Kamis (2/3/2020).

Ketua alumni Ponpes Sidogiri Pasuruan i Lutfi Kholiq saat ditemui KabarRakyat di ruang tunggu mengatakan, bahwa anak – anak itu dipulangkan oleh pengasuh Ponpes Sidogiri demi menghindari dari wabah Corona. Protokol kesehatan ini juga wajib dilalui semua penumpang kereta api tanpa kecuali.

” Pihak Ponpes memulangkan santri demi menghidari resiko ancaman virus Corona. Disisi lain mereka bisa diawasi langsung oleh pihak keluarga untuk memudahkan tindakan pencegahan penyebaran virus Corona,” ujar Lutfi saat ditemui di stasiun Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepala Stasiun Kalibaru, Andhika, menjelaskan tindakan pencegahan sudah dilakukan oleh PT KAI Daop 9 Jember sejak 16 Maret lalu. ” Demi keselamatan.penumpang dari penyebaram virus Covid -19 kita sudah mengawali untuk tindak pencegahan dini melalui sterilisasi dengan cairan disinfektan di zona penumpang demikian juga di dalam kereta api”, jelas Andhika.
Bahkan untuk di stasiun Jalibaru ditetap dua zona untuk cek kondisi badan para penumpang baik yang akan berangkat maupun yang datang.

“Petugas dalam melakukan pengecekaan penumpang kereta api, menemukan penumpang saat dicek suhu badanya mencapai 38 derajat celsius, maka pihak petugas Stasiun melakukan pendataan dan meminta keterangan. Nantinya penumpang tersebut akan kami batalkan keberangkatan-nya, sedangkan uang dikembalikan 100%,” jelas Kepala Stasiun Kalibaru, Andhika.

 

Reporter : Siswanto
Editor :. Richard

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *