Satgas Pencegahan COVID-19 Segera Laksanakan Karantina Massal Klaster Ponpes di Banyuwangi

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didukung Tim Sesditjen P2P Kemenkes akan melakukan tindakan karantina massal salah satu Pondok Pesatren (Ponpes) di Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi.

Tindakan itu merupakan hasil persamaan persepsi penanganan terhadap kasus tambahan baru positif COVID-19, dalam rapat terbatas, di Kantor Gugus Tugas COVID-10 Kabupaten Banyuwangi, Jumat (28/8/2020).

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengambil tindak medis terukur guna menangani kasus baru yang dinyatakan positip.

Melalui rapat terbatas di Kantor Satgas Covid-19, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta penanganan klaster Pondok pesatren dilakukan lebih komprehensif dan total.

“Hari ini kasus tambahan baru santri positip akan ditangani secepatnya oleh Tim Satgas COVID-19. Melihat perkembangan di lapangan langkah karantina total selama 14 hari ke depan akan diputuskan segera,” jelas Azwar Anas, Jumat petang.

Rapat terbatas  Satgas COVID-19 Banyuwangi penanganan santri Ponpes terbesar di Banyuwangi, memutuskan mengkarantinakan seluruh santri selama 14 hari.

Hal itu ditempuh setelah diketahui ada santri putri dan putra terkonfirmasi positif. Jumlah ini diungkap Satgas Covid -19 yang didukung Sesditjen P2P Kemenkes, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) juga memantau perkembangan.

Ditegaskan, Ada 20 petugas medis dikerahkan untuk klaster ini. Tim yang diturunkan ke Banyuwangi, sudah pengalaman menangani pasien positip seperti wisma atlet. Dari pengalaman yang ada, virus COVID-19 ini tergolong berbahaya dan cepat penularannya.

“Kami telah menyamakan persepsi untuk pola penanganaan yang teritegrasi, sistematik bersama tim Satgas COVID-19 Kabupaten Banyuwangi,” terang dr. Budi dari Sesditjen P2P Kemenkes yang ditugaskan ke Banyuwangi.

dr. Budi menjelaskan akan melakukan swab menyeluruh terhadap ratusan bahkan ribuan santri dan pengasuh ponpes. Diharapkan dengan swab massal penanganan penyebaran COVID-19 di ponpes Kecamatan Tegalsari bisa dipetakan.

“Tim Sesditjen P2P Kemenkes telah menyiapkan 6000 swab khusus untuk santri Ponpes terbesar di Banyuwangi,: tegas dr. Budi.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *