Taat Rekomendasi Bawaslu, KPU Hitung Ulang Dukungan Perseorangan Bunda Ratu Satiyem-Sunariyanto

  • Whatsapp

KabarRakyat – KPU Banyuwangi menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu untuk menghitung ulang berkas syarat dukungan bakal calon bupati-wakil bupati jalur perseorangan, Bunda Ratu Satiyem – Sunaryanto.

 

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU, Ari Mustofa mengatakan, Keputusan Bawaslu dalam sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020, diantaranya membatalkan Berita Acara (BA) KPU tentang hasil penghitungan syarat dukungan yang dinyatakan ditolak karena tidak memenuhi jumlah syarat minimal dukungan.

 

“ Rekomendasi Bawaslu yang kedua, memerintahkan KPU untuk melakukan penghitungan ulang syarat dukungan, dan menerbitkan Berita Acara yang baru , “ ucap Ari Mustofa saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Selasa (17/03/2020) di Kantor KPU Banyuwangi.

Oleh karena itu, KPU mulai hari ini melakukan penghitungan ulang syarat dukungan yang diserahkan Perseorangan jalur perseorangan, Bunda Ratu Satiyem – Sunaryanto yang disaksikan oleh pihak Bawaslu yang menugaskan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), dan petugas dari Kepolisian.

 

“ Seharusnya pihak termohon Perseorangan Bunda Ratu Satiyem-Sunaryanto sesuai rekomendasi Bawaslu harus ikut mengawasi, tetapi mereka tidak ikut menyaksikan penghitungan ulangan, namun tim mereka mengirimkan surat ke KPU yang menyatakan menolak hitung ulang  , “ ungkap Ari Mustofa.

 

Ari Mustofa menambahkan, proses penghitungan ulang syarat dukungan yang diajukan jalur perseorangan Bunda Ratu Satiyem-Sunaryanto dengan melibatkan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan tempat penghitungannya satu titik ruangan, sehingga tidak ada satupun berkas yang keluar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *