TAHAP PERTAMA, 500 Ribu Masker Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Segera Dibagi Gratis 

  • Whatsapp

Kabar Rakyat – Para penjahit kampung dan UMKM konveksi mulai menyerahkan pesanan masker kain dari Pemkab Banyuwangi. Dari total pesanan 1 juta masker, sebanyak 500.000 masker tahap pertama tuntas pada pekan ini.

Sebanyak 130.000 masker yang selesai dikemas telah diserahkan ke Posko Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, Selasa (28/4/2020), dan bakal langsung dibagikan gratis ke masyarakat.

Penyerahan masker itu dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, dan Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi M. Mikroj.

Salah seorang pelaku konveksi asal Desa Tembokrejo, Muncar, Wijayanti mengaku lega bisa menyelesaikan pesanan 10.000 masker dari Pemkab Banyuwangi dalam waktu relatif singkat. Dia bekerja lembur, bahkan harus menambah jumlah orang yang dipekerjakan.

Wijayanti dibantu 9 pegawai dalam pengerjaan masker ini. Hal yang sama juga dirasakan Atik, penjahit kampung yang merupakan warga Desa Karangsari, Kecamatan Sempu.

Atik awalnya menggeluti usaha pembuatan kue bolu, namun dia memiliki keahlian menjahit. Walhasil, karena pesanan kue bolu sepi seiring penghentian aktivitas pariwisata, dia beralih menjadi penjahit masker.

Pesanan masker dari Pemkab Banyuwangi ikut pula membantu usaha milik Oki Arya, UMKM konveksi Desa Gendoh, Kecamatan Sempu. Oki yang biasa memproduksi kaos dan kebaya sudah tidak mendapat order sejak Maret. Oki pun memanfaatkan stok kain bahan baku kaos untuk membuat masker.

Baca juga: PWI Sampang Madura Bagi Masker dan Takjil untuk di Perbatasan

Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko mengatakan, pemesanan masker ke penjahit kampung adalah pengejawantahan ketahanan ekonomi dan kesehatan negara. Hal yang sama dilontarkan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin.

Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi M. Mikroj mengatakan, pelibatan UMKM membuat semakin banyak orang yang dibantu. Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada penjahit kampung dan UMKM yang telah bekerja keras menyelesaikan pesanan masker.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *